Empat Cara Membuat Santan Kelapa

Bagaimana cara membuat santan kelapa? Santan adalah air perahan kelapa yang sudah dikukur. Santan pada dasarnya terbuat dari daging buah kelapa. Suatu masakan yang ditambahi santan akan menjadi terasa semakin gurih dan memiliki tekstur yang kental.

Tidak hanya makanan, santan pun acap kali dimasukkan ke dalam minuman. Beberapa kuliner khas Nusantara yang memakai santan sebagai bumbu utamanya antara lain opor, gulai,semur, tongseng, rendang, lodeh, es cincau, es cendol, bubur sumsum, dan lain-lain. Bahkan beberapa jajanan dan kue tradisional pun banyak menggunakan santan seperti nagasari, kue lapis, lemper, pukis, apem, carabikang, dan sebagainya.

cara-membuat-santan-kelapa.jpg

Setidaknya terdapat empat metode yang dapat dilakukan untuk membuat santan dari daging buah kelapa. Berikut ini metode-metode tersebut!

  1. Memarut Daging Buah Kelapa

Memarut adalah cara tradisional untuk membuat santan kelapa. Sudah lama masyarakat di Indonesia membuat santan dengan metode ini. Menariknya terdapat perbedaan yang mencolok dari aktivitas memarut yang dilakukan oleh penduduk Indonesia di wilayah barat dengan timur. Masyarakat yang tinggal di wilayah barat umumnya memarut menggunakan parutan yang berbentuk papan dengan tonjolan-tonjolan kecil tajam di sekujur permukaannya. Berbeda dengan masyarakat di wilayah Indonesia timur yang memarut buah kelapa menggunakan alat berupa sebatang besi yang tajam.

  1. Menggiling dengan Blender

Blender ternyata bisa juga lho digunakan untuk menggiling kelapa. Tentu saja prosesnya akan jauh lebih praktis dibandingkan dengan memarut. Namun sayangnya, santan yang dihasilkan dari blender ini tidak terlalu banyak dan bersifat encer. Hal ini mungkin dikarenakan masih banyak lemak yang terkandung di dalam ampas kelapa dan sulit dikeluarkan. Adapun cara membikin santan menggunakan blender dimulai dengan memotong-motong daging buah kelapa hingga ukurannya menjadi kecil. Setelah itu, masukkan potongan-potongan tersebut ke dalam blender dan tambahkan air secukupnya. Selanjutnya Anda tinggal menggiling daging buah kelapa tadi sampai menjadi halus.

  1. Memanfaatkan Juicer

Sekilas juicer mirip seperti blender. Tetapi juicer mampu mengeluarkan air sari yang terkandung di dalam suatu buah dalam jumlah yang lebih banyak. Jadi dapat dipastikan kalau santan yang diperoleh dari juicer memiliki tekstur yang lebih kental daripada blender. Namun tetap saja air santan yang dihasilkan dari parutan tradisional jauh lebih baik. Proses pembuatan santan memakai juicer pada dasarnya tak ubahnya dengan membuat jus. Anda perlu memotong daging buah kelapa supaya ukurannya menjadi kecil-kecil. Setelah itu, Anda tinggal menyalakan juicer dan memproses daging buah kelapa yang ada di dalamnya.

  1. Menggunakan Food Processor

Food processor biasanya dipakai untuk menggiling bahan makanan. Secara prinsip, alat ini dibuat untuk menggantikan ulekan tradisional. Usut punya usut, food processor ini ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk membuat santan kelapa. Meskipun begitu, Anda harus mengeluarkan tenaga yang ekstra untuk menghasilkan santan yang diinginkan. Anda cukup memasukkan potongan-potongan daging buah kelapa ke dalam food processor, kemudian memutar bagian tuasnya hingga potongan daging buah kelapa tadi berubah menjadi halus.

0 Response to "Empat Cara Membuat Santan Kelapa"

Posting Komentar