Deskripsi Pohon Kelapa (Cocos nucifera)

Apakah Anda ingin mengetahui deskripsi tentang pohon kelapa? Kelapa (Cocos nucifera) adalah tanaman perkebunan dan industri yang berbentuk pohon yang memiliki batang lurus dari famili Palmae. Beberapa pendapat menyebutkan kalau tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Namun tidak sedikit pula peneliti yang mengklaim bahwa kelapa merupakan tanaman asli kawasan Asia Pasifik.

Negara-negara di kawasan Asia Pasifik mampu memproduksi buah kelapa sebanyak kurang lebih 5.276.000 ton per tahunnya. Jumlah tersebut kira-kira setara dengan 82 persen dari total produksi dunia. Sedangkan sisanya ialah buah kelapa yang dihasilkan oleh negara-negara di Afrika dan Amerika Selatan. Indonesia termasuk salah satu penghasil buah kelapa yang paling banyak di dunia, meskipun kedudukannya masih berada di bawah Filipina.

Terdapat 3 (tiga) jenis pohon kelapa, antara lain :

  1. Kelapa dalam terdiri atas varietas kelapa hijau (viridis), kelapa merah (rubescens), kelapa kelabu (macrocorpu), dan kelapa manis (sakarina).
  2. Kelapa genjah terdiri atas varietas kelapa gading (eburnea), kelapa raja (regia), kelapa puyuh (pumila), dan kelapa raja malabar (pretiosa).
  3. Kelapa hibrida adalah kelapa hasil perkawinan silang antara kelapa dalam dan kelapa genjah untuk memperoleh pohon kelapa yang memiliki karakteristik unggul.

deskripsi-pohon-kelapa.jpg

Pohon kelapa dapat tumbuh secara optimal jika ditanam di daerah yang terletak pada ketinggian sekitar 0-450 m dpl. Pertumbuhan tanaman ini akan melambat apabila dipelihara di daerah yang berketinggian antara 450-1000 m dpl. Pohon kelapa juga memerlukan lahan yang permukaannya datar sehingga pada lahan yang miring harus dibuat teras sering untuk menjaga kesuburan tanah, memperbaiki kondisi tanah, dan mencegah timbulnya kerusakan tanah.

Pohon kelapa akan tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan yang berkisar 1300-2300 mm/tahun. Kelapa pun sangat menyukai sinar matahari dengan kebutuhan minimalnya mencapai 120 jam/bulan. Pertumbuhan tanaman ini akan mencapai titik yang maksimal pada suhu di kisaran 20-27 derajat celsius. Sedangkan bila dipelihara pada suhu di bawah 15 derajat celsius, pohon kelapa akan mengalami perubahan pada fisiologis yang dimilikinya.

Tanaman kelapa mampu bertahan hidup di berbagai jenis tanah seperti tanah liat, tanah berbatu, tanah berpasir, tanah aluvial, tanah vulkanis, atau tanah laterit. Tingkat keasaman tanah yang paling baik untuk mendukung pertumbuhannya adalah sekitar 5,5-6,5. Pohon kelapa membutuhkan pula ketersediaan air yang cukup di sepanjang masa hidupnya.

Berikut ini bentuk-bentuk morfologi pohon kelapa :

Batang

Pohon kelapa mempunyai batang yang tumbuh agak lurus ke atas menghadap ke posisi matahari. Batang tersebut sama sekali tidak memiliki cabang serta tidak mengandung kambium. Di bagian ujung batang pohon kelapa terdapat titik tumbuh yang berguna untuk membentuk bagian batang, daun, dan bunga tanaman.

Akar

Tanaman kelapa memiliki sistem perakaran yang berjenis serabut. Jumlah akar ini dipengaruhi oleh tingkat kesuburan tanah, kondisi iklim, dan kesehatan tanaman itu sendiri. Pada dasarnya, akar kelapa bertugas mencari unsur hara yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhannya. Beberapa unsur hara yang penting bagi pohon kelapa yaitu N, P, K, C, H, Ca, O, S, Mg, dan micro Cl.

Daun

Bentuk daun kelapa adalah memanjang dan memiliki tulang yang terletak saling sejajar. Pertumbuhan daun ini akan jauh lebih cepat terjadi pada saat musim penghujan. Tugas daun kelapa yaitu mengolah makanan melalui proses fotosintesis. Daun ini mengandung lidi yang dapat dipakai untuk membuat sapu tradisional dan kerajinan tangan.

Bunga

Mayang merupakan sebutan untuk bunga kelapa. Bunga ini tergolong sebagai buah berkarang. Setiap pohon kelapa mempunyai bunga jantan dan bunga betina. Adapun bunga jantan terletak di bagian ujung cabang. Sedangkan bunga betina berada di sebelah pangkal cabang. Sebagian orang kerap memanfaatkan bunga kelapa ini menjadi bahan makanan.

Buah

Rata-rata pohon kelapa akan menghasilkan buah ketika usianya sudah mencapai 8 tahun. Buah ini terbentuk dari hasil penyerbukan antara bunga jantan kepada bunga betina. Buah kelapa biasanya akan tumbuh dalam waktu kurang lebih 3-4 minggu setelah membukanya bunga kelapa. Buah kelapa tersusun atas sabut, tempurung, daging buah, dan air kelapa.

0 Response to "Deskripsi Pohon Kelapa (Cocos nucifera)"

Poskan Komentar