Mengetahui Morfologi Buah Kelapa Sawit yang Lengkap

Buah kelapa sawit adalah penghasil daging kelapa sawit yang biasanya digunakan sebagai bahan baku minyak goreng. Tahukah Anda, dalam setiap tandan buah kelapa sawit biasanya terdapat gerombolan buah-buah sawit yang berjumlah sekitar 1.500-2.000 buah dengan kadar kematangan yang berbeda-beda. Tanda buah yang layak panen ditandai dari warnanya yang berubah menjadi jingga karena mengandung karoten yang tinggi. Sedangkan warna kulit buah kelapa sawit cukup beranekaragam tergantung varietasnya seperti hitam, cokelat, ungu dan merah.
morfologi-buah-kelapa-sawit.jpg
Morfologi buah kelapa sawit tersusun atas bagian-bagian yang meliputi eksoskarp, mesoskarp, endoskarp, dan kernel. Eksoskarp merupakan kulit kelapa sawit, sedangkan mesoskarp adalah serabut buah. Sementara itu endoskarp ialah cangkang kelapa sawit yang melindungi inti buah. Dan kernel atau inti sawit yaitu daging buah sawit yang mengandung biji sebagai perkembangbiakan generatif tanaman.
Perlu diketahui, kernel pada kelapa sawit dapat dipisahkan menjadi dua bagian yakni endosperm dan embrio. Endosperm merupakan jaringan yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi embrio dan kecambah kelapa sawit. Bagian ini memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan lemak. Sedangkan embrio merupakan cikal bakal tanaman kelapa sawit baru yang masih berupa tumbuhan kecil.
Berikut ini daftar ukuran ketebalan cangkang, daging buah, dan tingkat rendemen minyak dari masing-masing jenis kelapa sawit.
  1. Kelapa sawit dura memiliki cangkang yang tebal sekitar 3-5 mm. Ukuran daging buahnya tipis dan tingkat rendemen minyaknya antara 15-17 persen.
  2. Kelapa sawit tenera mempunyai cangkang yang berukuran agak tipis berkisar 2-3 mm. Daging buah tenera cukup tebal dan tingkat rendemen minyaknya sekitar 21-23 persen.
  3. Kelapa sawit pisifera bercangkang sangat tipis serta daging buahnya tebal. Biji sawit ini cukup kecil dan tingkat rendemen minyaknya terbilang tinggi antara 23-35 persen.
Berbicara tentang morfologi kelapa sawit tak lengkap tanpa mengulas bagian bijinya pula. Ukuran dan bobot biji kelapa sawit bervariasi menurut varietas dari tanaman tersebut. Misalnya biji sawit dura afrika panjangnya 2-3 cm dan berbobot 4 gram serta biji sawit dura deli bobotnya 13 gram dengan panjang 3-5 cm. Lain lagi dengan biji sawit tenera afrika yang memiliki panjang 2-3 cm dan mempunyai bobot 2 gram.

0 Response to "Mengetahui Morfologi Buah Kelapa Sawit yang Lengkap"

Posting Komentar