Cara Jenius Memilih Bibit Kelapa Sawit Unggulan

Bagaimana cara memilih bibit kelapa sawit yang berkualitas unggulan? Kelapa sawit merupakan komoditi ekspor Indonesia yang paling besar. Kebun tanaman ini tersebar dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Indonesia juga merupakan negara penghasil bibit kelapa sawit nomor satu di dunia dengan rata-rata produksi mencapai 180 kecambah setiap tahun.

cara-memilih-bibit-kelapa-sawit.jpg

Bibit Kelapa Sawit

Dalam membudidayakan kelapa sawit, menggunakan bibit dari perusahaan lebih direkomendasikan ketimbang mengambilnya dari alam. Hal ini dikarenakan bibit hasil penangkaran memiliki mutu yang terjamin sehingga potensi keberhasilan tumbuh dan produktifitasnya lebih besar. Tidak mau kan tanaman-tanaman kelapa sawit yang anda pelihara mati di tengah jalan atau tumbuh subur namun tidak berbuah banyak?

Simak tips-tips pemilihan bibit kelapa sawit yang berkualitas baik berikut ini :

Pemilihan Kecambah Kelapa Sawit

Saat memilih kecambah kelapa sawit yang bagus, anda perlu menyesuaikan dengan jenis yang ingin diambil. Kualitas kelapa sawit tenera yang baik ditandai dengan ukuran bijinya yang kecil dengan tempurung tipis. Sedangkan kelapa sawit dura unggulan mempunyai biji yang besar dan bercangkang tebal. Sebisa mungkin pilih kecambah yang memiliki mata tunas putih bersih, normal, dan panjang akar kurang dari 2 cm. Kalau bisa pilih biji sawit yang berbentuk lonjong menyerupai biji melinjo, cangkang kelapa sawit berwarna hitam legam, dan bebas jamur. Pastikan hanya ada satu tunas yang tumbuh di setiap biji dengan bentuk yang bagus, subur, tidak bengkok, serta tudung akarnya masih utuh.

Pemilihan Bibit Kecil Kelapa Sawit

Jika anda tertarik membeli bibit kelapa sawit yang masih dalam usia relatif muda, perhatikan dengan seksama seluruh bagian bibit tersebut. Pilih bibit yang memiliki tajuk bagus dan bongkotnya cukup besar. Selalu pilih bibit yang sehat, tidak berpenyakit, berbentuk pendek gemuk, dan hindari bibit yang tinggi langsing. Usahakan bagian daun dan batangnya berwarna hijau segar. Pada umumnya bibit kelapa sawit yang berusia 3 bulan sudah sudah mempunyai empat pelepah daun yang terbuka. Perhatikan juga bagian akarnya dan pastikan kokoh alias tidak mudah goyah.

Pemilihan Bibit Siap Tanam

Bibit siap tanam yang dijual di pasaran biasanya berumur setahun. Lakukan seleksi secara mendalam untuk mendapatkan bibit yang benar-benar berkualitas tinggi, sehat, normal, dan subur. Pada usia ini, kelapa sawit biasanya memiliki sulur pada ujung pelepah daun di bagian teratas. Usahakan pilih bibit-bibit sawit yang berukuran seragam. Satu bibit kelapa sawit berjenis jantan diperlukan untuk membuahi 50 tanaman betina. Seringkali bibit yang ditanam di pinggiran berpostur lebih kerdil dibandingkan bibit yang berada di tengah lahan. Hal ini wajar dan bukan merupakan pertanda buruknya kualitas bibit-bibit yang ada di pinggiran tersebut.

2 Responses to "Cara Jenius Memilih Bibit Kelapa Sawit Unggulan"

  1. makasih gan buat penjelasanya,,
    sangat membantu sekali,,

    BalasHapus
  2. Gan bagaimana caranya memutuskan berapa dosia pupuk anorganik/kimia di kebun kita berdasarkan analisa daun dan tanah secara sederhana?

    BalasHapus